,

Lakpesdam Gelar Muktamar Pemikiran NU, Berikut Rangkaian Kegiatannya!

/
/

Lakpesdam Gelar Muktamar Pemikiran NU, Berikut Rangkaian Kegiatannya!

Neswa.id- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi akan membuka Muktamar Pemikiran NU 2023: Imagining the Future Society (Memimpikan Masyarakat Masa Depan)” pada malam ini pukul 19.30 WIB,  Jumat, 1 Desember 2023, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Ketua Lakpesdam PBNU Hasanuddin Ali mengatakan, Muktamar Pemikiran NU yang akan berlangsung selama tiga hari akan membahas sejumlah agenda untuk mendiskusikan dan membahas tentang masyarakat. Sejumlah agenda tersebut, kata Hasan, diharapkan dapat memberikan banyak inspirasi bagi peserta yang hadir.

“Lakpesdam PBNU sudah menyiapkan beberapa agenda penting yang nanti diharapkan semua peserta dan narasumber yang hadir di asrama haji itu betul-betul bisa mengikuti kegiatan ini dengan nyaman, enak, dan mendapatkan inspirasi dari acara ini,” kata Hasan.

Berikut agenda lengkap beserta dan daftar narasumber yang akan hadir dalam Muktamar Pemikiran NU selama tiga hari ke depan:

Hari Pertama

Hari pertama, Jumat, 1 Desember 2023. Panitia akan melakukan registrasi peserta mulai 09.00 – 18.00 WIB. Kemudian acara pembukaan pukul 19.30 – 22.00 WIB.

Pada acara seremoni pembukaan Muktamar Pemikiran NU akan ada penampilan tarian tradisional, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Ya Lal Wathan. Kemudian dilanjut pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Hilman Nur Yasin. Selanjutnya ada pemutaran video teaser Muktamar Pemikiran NU.

Selepas itu Ketua PBNU sekaligus Panitia Penyelenggara KH. Ulil Abshar Abdalla akan menyampaikan laporan dan selanjutkan akan bersambung sambutan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag) Prof. H. Muhammad Ali Ramdhani.

Setelah acara pembukaan selesai, akan dilanjut dengan penampilan musikalisasi puisi dari Budayawan Sosiawan Leak dan dilanjutikan Pidato Kunci Orasi Kebudayaan oleh Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf. Sekaligus membukan kegiatan Muktamar Pemikiran NU.

Hari Kedua

Hari Kedua, Sabtu, 2 Desember 2023. Kegiatan akan dimulai pukul 08.30 – 9.15 WIB (Tata tertib forum). 09.15 – 10.00 WIB (Sesi panel 1). 10.30 – 13.00 WIB (Sesi panel di ruang kelas). 15 30 – 17.00 WIB (Sesi panel 2). 19.30 – 22.00 WIB (Malam kebudayaan)

Adapun di hari kedua Muktamar Pemikiran NU ini, akan panitia buka dengan sesi panel 1 untuk berdikusi mengenai tema Imagining the Future Society (membayangkan masyarakat masa depan).

Setelah itu, akan ada lima diskusi panel yang akan terbagi di lima ruang kelas. Berikut ruang kelas dan sejumlah tema yang akan dibahas:

Pertama, berdiskusi terkait tema Imagining the Future Society dari pendekatan agama. Narasumber dari kelas pertama adalah Gus Ulil Abshar Abdalla, Marzuki Wahid, Maya Dina, Sahiron, Achmad Munjid, dan Aksin Wijaya.

Kedua, akan mendiskusikan dengan tema pendekatan SDM dan pendidikan. Narasumber dari kelas ini adalah Prof. Ahmad Zainul Hamdi, KH. Abdul Ghoffar Rozin, Dianta Sebayang, Abdur Rahman Hasbi, Rumtini, dan Ufi Ulfiah.

Ketiga, akan mendiskusikan dengan tema pendekatan teknologi dan media sosial. Narasumber di kelas ketiga adalah Hasanuddin Ali, Savic Ali, Waizly Darwin, Husein Ja’far Al Hadar, Tri Mumpuni Wiyatno, dan Hartono.

Keempat akan mendiskusikan tema pendekatan ekonomi politik. Narasumber di kelas keempat adalah Rumadi Ahmad, Abdul Gaffar Karim, Prof. Ahmad Erani Yustika, Athia Yumna, dan Ah Maftuchan. Diskusi akan dipandu oleh Asrul Raman.

Kelima, akan mendiskusikan tema pendekatan budaya. Narasumber di kelas kelima adalah Dr. Ahmad Suaedy, MA. Hum, Maria Fauzi, Cicik Farcha Assegaf, Kiai M. Jadul Maula, Virdika Rizky Utama dan Aef Syaifuddin. Pada diskusi ini akan dipandu oleh Alamsyah M. Djafar.

Setelah sesi panel di 5 ruang kelas itu selesai, agenda selanjutnya adalah panel sesi 2. Di sesi ini akan ada dua narasumber yakni Fransisco Budi Hardiman dan Ismail Fajrie Alatas. Sementara moderatornya adalah Amin Mudzakir.

Kemudian agenda berikutnya adalah malam kebudayaan yang akan panitia isi dengan berbagai penampilan. Di antaranya pencak silat, akustik, hadrah dari Karawang, dan pembacaan puisi oleh Sosiawan Leak.

Hari Ketiga

Hari Ketiga, Ahad, 3 Desember 2023. Kegiatan akan panitia mulai pukul 09.00 – 11.30 WIB (Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut Muktamar Pemikiran NU) dan 11.30 – 12.00 WIB (Penutupan)

Agenda di hari terakhir ini dimulai dengan penyusunan strategi dan rencana tindak lanjut yang akan difasilitasi oleh Marzuki Wahid. Di sesi ini, masing-masing kelas panel melaporkan hasil rumusannya selama 25 menit. Kemudian ada tanggapan dari peserta. Selanjutnya, rekomendasi disusun.

Selanjutnya adalah agenda penutupan. Di sesi penutupan akan ada pembacaan rekomendasi oleh Rumadi Ahmad dan Prof. Ahmad Zainul Hamdi. Setelah membacakan rekomendasi, agenda akan mereka tutup dengan doa oleh Nyai. Hj. Badriyah Fayumi. (IM)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *