,

Jangkau Lebih Dari 2.000 Penerima Manfaat pada 2023, Indika Foundation Gelar Grantee Learning Session (GLS)

/
/

Jangkau Lebih Dari 2.000 Penerima Manfaat pada 2023, Indika Foundation Gelar Grantee Learning Session (GLS)

Neswa.id, Jakarta, 12 Desember 2023 – Indika Foundation kembali menyelenggarakan acara perjumpaan nasional bertajuk Grantee Learning Session (GLS) 2023 untuk organisasi dan komunitas penerima hibah (grantee) dari Indika Foundation. Diselenggarakan pada 12-13 Desember 2023 di Hotel Sofyan Cut Meutia, acara ini mengundang para pemimpin dari 18 organisasi dan komunitas grantee Indika Foundation Impact Grant 2023. Acara ini membuka kesempatan bagi grantee dan para mitra Indika Foundation untuk saling belajar, berjejaring, berkolaborasi, dan berdiskusi menentukan langkah strategis terkait program sosial masing-masing di masa depan.

Pada pembukaan acara, CEO Indika Foundation, Azis Armand, menyampaikan aspirasinya terkait GLS 2023, “Selama 2023, Indika Foundation telah berkolaborasi melalui pemberian dana hibah kepada 18 organisasi dan komunitas grantee di 9 provinsi. Berkat kolaborasi ini, kami telah menciptakan dampak positif bagi lebih dari 2.000 penerima manfaat,”

“Lebih daripada itu, Indika Foundation percaya bahwa dampak positif bagi Indonesia harus lebih dari sekadar angka dan statistik. Dampak positif yang diberikan harus memberikan perubahan nyata dan dapat diukur serta dievaluasi untuk memastikan inovasi dan inisiatif yang terbangun benar-benar dapat mengatasi masalah nyata. Kami berharap kegiatan GLS 2023 ini menjadi ruang kolaborasi yang tepat bagi ekosistem dan Indika Foundation untuk berbagi pembelajaran agar memastikan dampak baik yang lebih efektif di masa depan.”

Selaras dengan sambutan Azis, GLS 2023 dirancang secara interaktif agar memberikan ruang bagi grantees mempresentasikan dampak positif dari program-program yang telah dijalankan dan membagikan poin-poin pembelajaran yang berharga bagi seluruh pihak yang hadir. Grantees juga berkesempatan mempelajari topik Social Return of Investment (SROI) untuk programnya.

caption: CEO Indika Foundation, Azis Armand, dan Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, memberikan sambutan acara Grantee Learning Session 2023
caption: CEO Indika Foundation, Azis Armand, dan Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, memberikan sambutan acara Grantee Learning Session 2023

Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi, mengamini pernyataan tersebut, “Indika Foundation punya aspirasi membangun ekosistem yang memungkinkan organisasi dan komunitas yang dipimpin oleh orang muda untuk mampu mengambil peran aktif menyelesaikan masalah di lingkarannya masing-masing. Kami percaya, organisasi dan komunitas hebat ini punya kearifan lokal yang bisa menjadi sumber kekuatan solusi. Namun, inisiatifnya sering terhambat kapasitas pengelolaan program dan pendanaan. Indika Foundation Impact Grant adalah ikhtiar kami untuk memperluas dampak dengan memberikan hibah dan peningkatan kapasitas kepada organisasi dan komunitas luar biasa tersebut.”

Salah satu organisasi grantee Indika Foundation yang hadir pada GLS 2023 adalah Sobat Eksplorasi Anak Dalam (SEAD) Jambi. Reny Ayu Wulandari, Founder dan Director SEAD Jambi, menyampaikan dampak signifikan dari keikutsertaan SEAD Jambi dalam program Indika Foundation Impact Grant 2023.
“Dari segi organisasi, kami menjadi lebih terstruktur. Berkat Indika Foundation Impact Grant 2023, kami jadi tahu bagaimana program management yang baik, bagaimana membuat logframe, ketercapaian outcome, hingga budgeting. Ini semua berguna banget untuk program-program kami ke depan. Soalnya, kami baru 3 tahun legal dan butuh banget ilmu tentang bagaimana mengelola organisasi terutama di bidang sosial.”

Lain halnya dengan Reny, Program Manager Lingkar Sosial Indonesia, Fira Fitri Fitria, menyorot bagaimana GLS 2023 memberikan ruang bagi grantee merayakan dampak dan potensi kolaborasi di kemudian hari. “Di GLS, kami amat menantikan sesi networking sebab kami ingin mendapatkan kesempatan kolaborasi dengan lebih banyak stakeholder. Kami berharap dapat memperkenalkan program-program kami terutama yang terkait dengan isu disabilitas dan inklusivitas agar makin banyak praktik-praktik baik di masa depan.”

Ajang networking (jejaring) GLS 2023 memang menjadi sesi yang paling ditunggu para tamu undangan. Sebab, GLS 2023 turut mengundang belasan mitra pembangunan dan direksi Indika Energy. Beberapa pihak yang hadir di antaranya Chief of Party USAID MADANI, Hans Antlov; Senior Program Manager Search for Common Ground, Anis Hamim; Learning Specialist GoTo Impact Foundation, Zanya Nai Rana; dan Executive Director ASEAN Institute for Peace and Reconciliation, I Gusti Agung Wesaka Puja. Harapannya, acara ini dapat membuka peluang-peluang kolaborasi baru antar-pihak yang hadir.

Kegiatan GLS 2023 menunjukkan komitmen Indika Foundation dalam mengembangkan ekosistem perdamaian di Tanah Air. Sejak 2017, Indika Foundation sudah memiliki fokus dalam membangun perdamaian dan pendidikan inklusi di Indonesia melalui program-program peningkatan kapasitas untuk organisasi dan komunitas masyarakat sipil. Indika Foundation telah memberikan peningkatan kapasitas kepada lebih dari 388 organisasi dan komunitas di 31 provinsi di Indonesia, menyalurkan hibah untuk 103 organisasi dan komunitas, dan menjangkau 100 ribu lebih penerima manfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *