Assalamualaikum Mbak Iffah. Saya berkeinginan untuk bisnis dan saya sama sekali belum pernah berbisnis sebelumnya. Apa kira-kira yang perlu disiapkan oleh pebisnis pemula?

Makasih,

Nana, Jogja.

Jawab :

Wa’alaikumsalam Mbak Nana. Untuk pebisnis pemula saya ada beberapa tips yang harus diutamakan. Pertama, tentu saja minta izin, ridlo dari Allah, orang tua dan guru. Luruskan niat bahwa bisnis tersebut dilakukan dengan ikhlas, artinya siap resiko berhasil dan gagal. Siap untuk bangkit kembali dan tetap berniat baik. Kedua, pilih satu bisnis dan belajar untuk fokus. Jangan mudah menyerah dan putus asa dan berganti jenis bisnis sampai berhasil. Ketiga, perencanaan yang matang dan detail.
Keempat, tentu saja aksi, fokus pada penjualan. Karena pada masa awal bisnis hal tersebut mutlak dilakukan agar dapat berjalan. Caranya dengan belajar strategi, tips penjualan terupdate dari banyak sumber. Misal dari kelas pemasaran, komunitas dll)
Kelima, Evaluasi. Hal ini juga penting untuk mengetahui apakah perjalanan bisnis sudah sesuai perencanaan sebelumnya, dan juga untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan. Terakhir adalah kembalikan dan luruskan niat ke no 1.

Semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *