Assalamu’alaikum Neswa dan Mbak Iffah. Saya ingin bertanya kepada Mbak Iffah Dewi tentang bisnis. Bagaimana sih mbak cara membangun brand? Saya sudah memulai bisnis pernak-pernik rumah tangga, dan sekarang baru mulai fokus membangun brand.

Syukron

Dina, Jakarta

Jawab:

Wa’alaikumsalam mbak Dina. Bagi kami, sebuah brand layaknya seorang manusia. Perlu dirawat dari dalam dan luar. Berikut tips yang bisa saya sampaikan terkait membangun sebuah brand dalam bisnis:

  1. Kita perlu menentukan tampilan luar, bentuk lahir atau jasad brand tersebut. Diantaranya membuat logo, tagline, gaya bahasa, warna khas, packaging dll yang disesuaikan dengan karakter bisnis kita. Karena hal tersebut akan menjangkau ingatan konsumen dan akan menjadi ciri khas dalam waktu lama.
  2. Menentukan aspek ruhani brand, atau dalam bahasa bisnis biasa dikenal dengan visi misi, karakter, nilai-nilai yang diusung serta sifat dari brand tersebut. Suatu brand diharapkan bisa tumbuh, berkembang layaknya makhluk hidup, jadi sebaiknya kita juga harus memperlakukannya dengan baik akar berkembang maksimal.
  3. Menentukan segmen konsumen (siapa) yang bisa terpenuhi kebutuhannya dengan brand kita.
  4. Menyampaikan brand kita kepada segmen (calon konsumen) melalui berbagai media atau kegiatan, misal:

– Sosial media dengan teknik konten marketing.

– Sponsorship event/program yang mendukung penyampaian nilai-nilai brand.

– Bekerja sama dengan media mainstream (TV/portal berita).

– Menggunakan brand ambassador /influencer /tokoh masyarakat.

  1. Lakukan secara terus menerus karena proses branding bukan proses yang instan.

Semoga bermanfaat,

Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *