Muslimah Preneur

Tips Bisnis Online bagi Pemula

Assalamu’alaikum Mbak Iffah. Perkenalkan saya Mudah dari Bantul. Saya pernah berbisnis offline, tapi belakangan perkembangannya kurang bagus. Pengen beralih ke online. Adakah tips dari Mbak Iffah untuk memulai bisnis online?
Wass,

Jawab:
Wa’alaikumsalam Mbak Mudah.
Sekarang memang sudah harus mencoba berbisnis online karena target marketnya luas. Dan hal tersebut membutuhkan beberapa langkah.
Berikut cara memulai menjalankan bisnis online :
1. Menentukan produk dan siapa yang membutuhkan. Biodata (L/P), usia, pekerjaan dll. Kemudian kita juga harus menentukan perilaku konsumen, minat atau hobi, goals serta solusi untuk kebutuhannya.
2. Membuat merk produk atau jika sebagai reseller : nama merk online shop meliputi logo, tagline, gaya bahasa yang sesuai, warna khas, packaging, dsb
3. Pilih platform atau media yang kita gunakan untuk menghubungkan produk dan pemakai. Misal, facebook, instagram, twitter, web dengan SEO dst.
4. Optimasi platform penjualan yang kita pakai dengan tips tips dan cara terupdate, pelajari di kelas kelas online, komunitas, senior-senior bisnis. Dan ingat jangan terlalu banyak belajar tapi kurang praktek. Setelah dapat ilmu langsung praktekkan .

Comment here