Pergolakan Sosio-Budaya Turki: Islam di Langit Turki

Judul Buku      : Islam di Langit Turki

Penulis            : M. Sya’roni Rofii

Tahun              : 2019

Penerbit           : IRCiSoD

Tebal               : 216 halaman

ISBN               : 978-602-7696-88-4

Buku Islam di Langit Turki ini bukan hanya membahas tentang Islam di turki melainkan juga membahas atau mengkaji tentang bagaimana kondisi politik, ekonomi dan sosial-agama yang ada di negara Turki.

Di dalam buku ini terdapat 5 bab pokok yang mana setiap bab terdapat sub bab yang ada di dalam 5 bab besar tersebut. Bab 1 berjudul pendahuluan, bab 2  Islam dan Sekularisme di Turki Modern, bab 3 Profil AK Parti, bab 4 Kiprah AK Parti dalam Dunia Perpolitikan Turki, dan  bab 5 berjudul penutup.

Buku Islam di Langit Turki ini merupakan naskah skripsi penulis yang di tulis antara tahun 2007 dan 2008 yang kemudian disempurnakan dalam bentuk buku. Di dalamnya terdapat beberapa modifikasi dan pembaruan data. Penulis juga pernah menuntut ilmu dan tinggal dalam waktu yang cukup lama di Turki. Sehingga menjadi kesempatan berharga bagi penulis untuk melakukan observasi, wawancara, dan membaca sumber primer tentang negara Turki.

Ada semacam romantisme sejarah bagi umat Islam ketika berbicara tentang Turki. Bagi umat Islam di seluruh dunia, Turki adalah bagian penting dari potongan sejarah gemilang peradaban Islam. Di negeri itu telah tercatat prestasi besar bahwa Islam pernah menjadi pusat kekuasaan dunia yang tidak terkalah selama hampir 500 tahun. Jatuhnya kota Konstantinopel pada tahun 1453, yang kemudian beralih nama menjadi Istanbul, adalah saksi sejarah akan kebesaran Dinasti Turki Utsmani.

Sejarah emas yang masih diingat dan akan terus diingat oleh komunitas Muslim di seluruh dunia itu akhirnya berakhir juga. Rakyat Turki, dengan dimotori oleh Mustafa Kemal Ataturk, secara resmi pada tanggal 3 Maret 1924 menghapus sistem kekhalifahan di bumi Turki setelah setahun sebelumnya mendeklarasikan diri berbentuk republik. Di bawah kepemimpinan Mustafa Kemal Ataturk, Turki mendeklarasikan diri sebagai negara sekuler.

Setelah menjadi negara sekuler, praktis agama jadi terpinggirkan. Agama digiring menjadi urusan pribadi dan negara berada pada posisi sentral yang berwenang mengontrol agama. Sekularisme, bagi Mustafa Kemal Ataturk, adalah pilihan paling tepat untuk membawa Turki menjadi negara maju dan lebih baik dari sebelumnya, Agar bisa sejajar dengan negara-negara Barat khususnya Eropa.

Sepeninggal Mustafa Kemal Ataturk, tentara, hakim, dan jaksa berada di garda terdepan sebagai penjaga ideologi sekularisme atau kemalisme.

Berbeda pada masa sekarang yang mana politik Turki dimenangkan oleh AK Parti. AK Parti merupakan salah satu wajah baru di kancah perpolitikan Turki. Partai yang berbasis Islam ini merupakan partai yang didirikan oleh Recep Tayyip Erdogan, Abdullah Gul, dan Bulent Arinc pada tanggal 14 Agustus 2001.

Paparan diatas sekilas isi yang ada di buku Islam di Langit Turki. Yang mana didalam buku ini secara lengkap dan rinci mengkaji atau membahas tentang Islam dan Politik di Turki.

Dari bagaimana bisa berubahnya sistem kekhalifan Turki Utsmani menjadi negara Turki yang berbentuk republik dan memiliki ideologi sekuler. Sampai pergolakan politik antara partai menganut ideologi Islam dan partai yang menganut ideologi sekulerisme. Dan sampai kepada partai AK Parti mampu menjadi penguasa pada pemilu tahun 2002 sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *