Pentingkah Database untuk Bisnis? Kolom Iffah Dewi (Owner Sogan Batik)

Assalamu’alaikum

Bagi pelaku usaha, database merupakan hal penting yang perlu dilakukan salah satunya untuk menyimpan data pelanggan. Apa kira-kira keuntungan menyimpan database pelanggan?

  1. Bagi pelaku usaha mengelola database pelanggan menjadi hal yang penting. Terutama ketika akun IG dengan followers yang banyak mendadak hilang. Database ini bisa menjadi cara lain untuk mendapatkan omzet agar tetap bisa berjalan tanpa tergantung pada IG.
  2. Punya beberapa akun cadangan yang dirawat. Hal ini berguna untuk menopang akun IG official jika mendadak lenyap dan hilang.
  3. Lebih serius lagi mengelola IG personal karena biasanya konsumen yang loyal dan cinta dengan produk kita juga ingin mengenal ownernya. Dari sini kita juga bisa menjaring database pelanggan kita.

Kemudian, seberapa penting database untuk bisnis kita?

  1. Dengan database kita jadi lebih mengenal pelanggan kita. Siapa saja mereka? Kapan mereka belanja? Apa kebutuhan mereka dan bagaimana cara membeli mereka? Hal-hal ini perlu diperhatikan untuk mengetahui relasi pelanggan dengan produk kita.
  2. Saat ada CS resign, CS berikutnya bisa melanjutkan. Misal : 1 Kasus, ada pelanggan yang nunggu dan suka banget warna hitam/motif parang dst, di catatan tersebut ada, sehingga ketika kita produksi mereka bisa kita informasikan.
  3. Contoh database Pelanggan : No Identitas, Nama dan Alamat, No Telpon, Alamat Email, Nomer Hp, Historical Transaction, Produk yang Dibeli, Nilai Pembelian, Cara Pembayaran dan Poin.

Semoga Bermanfaat

Wa’alaikumsalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *