Islamic ParentingPilihan RedaksiUlasan

Aktivitas Seru Bersama Anak di Rumah Saat Karantina Covid-19

Memasuki masa karantina terkait covid-19 di beberapa daerah, pastinya sebagai orang tua kita dituntut untuk mencari ide sebanyak-banyaknya untuk mengisi aktivitas di rumah. Sayang banget donk jika hanya diisi dengan kegiatan membosankan dan membahayakan anak seperti gadget saja. Terlebih jika kondisi ini kita gunakan sebagai hari keluarga, alias memperkuat bonding antar anggota keluarga baik ayah, bunda dan juga anak-anak. Kita akan dapat manfaat yang melimpah. Bukan begitu bunda?

Nah untuk mengurangi kejenuhan, yuk simak aktivitas apa saja seh yang bisa kita lakukan bersama anak-anak di rumah. Kebetulan anak saya masih kelas 1 SD dan PAUD, kegiatan yang disukai pastinya yang baru-baru dan merangsang motorik mereka. Berikut hal-hal seru yang bisa ayah dan bunda lakukan di rumah bersama si kecil :

  • Belajar Bersama

Berhubung ‘libur’ ini memang dikhususkan untuk menghindari penyebaran virus maka kegiatan belajar mengajar masih harus dilaksanakan ya Bunda. Sebenarnya bukan libur seh tepatnya namun lebih kepada belajar di rumah. Nah, untuk itu pagi hari ketika anak masih bersemangat dan mood masih oke yuk kita ajak anak untuk belajar sesuai masing-masing tingkat sekolah. Untuk hal ini tentu saja orang tua harus mendampingi anak belajar sebagai ganti guru. Kemdikbud sudah mengeluarkan edaran dan juga aplikasi yang banyak membantu anak didik untuk bisa tetap belajar walau di rumah. Yuk, kita praktekkan !

  • Membuat Prakarya

Belajar terus-menerus bisa membuat jenuh dan bosan. Sebagai alternatifnya, di jam-jam break belajar bisa tuh diajak untuk crafting. Gunting-gunting, tempel-tempel merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai anak, terlebih jika masih PAUD dan TK. Bahkan tingkat SD pun masih saja suka crafting dengan tingkatan yang agak sulit. Untuk referensinya sudah banyak sekali di beberapa platform media sosial. Saya biasanya suka crafting dari bahan kertas dan kardus. Bisa bikin dapur mainan, rumah Barbie, atau bahkan laptop dari kardus.

  • Memasak di Dapur dengan Menu Baru

Bisa juga loh ayah bunda di sela-sela break belajar anak-anak kita ajak untuk memasak atau membuat kue kesukaan mereka. Kebetulan anak-anak saya paling suka bikin crepes. Bahannya mudah, dan tidak sulit. Anak-anak bisa dilibatkan untuk mengaduk adonan dan mengoleskan selai coklat ke atas crepes. Kalau ayah bunda punya resep lain yang disukai anak-anak, aktivitas satu ini pasti bermanfaat untuk mengisi kegiatan mereka selama belajar di rumah. Kalau sudah makan dan istirahat bisa kembali belajar sesuai monitor dan anjuran sekolah.

  • Berkebun

Aktivitas ini juga ga kalah seru. Mumpung musim hujan, waktunya kita merawat kebun dan menanam tanaman baru untuk membuat asri rumah. Hijau-hijauan membuat oksigen di rumah bagus, dan sejuk. Saat ini merupakan waktu yang tepat mengenalkan anak untuk berkebun, menjaga bumi dengan memperbanyak menanam pohon atau tanaman di sekitar rumah. Sembari menanam, kita bisa bercerita tentang bumi dan siklus tanaman atau sekaligus belajar kompos. Yuk ajari anak cinta bumi

  • Membaca atau Mendongeng

Kalau dirasa cukup bosan untuk belajar anak-anak saya bebaskan untuk membaca apa saja yang mereka sukai. Tentu ayah dan bunda sepatutnya memfasilitasi mereka dengan ragam buku bacaan di rumah. Dan jika mereka belum bisa baca, mendongeng adalah cara terbaik untuk tetap memberikan mereka aktifitas yang mengasyikkan dan menambah wawasan.

  • Jalan-jalan di Sekitar Rumah

Melakukan karantina diri dan keluarga dalam kurun waktu dua minggu bukanlah hal mudah. Pastinya kita sebagai manusia juga dilanda bosan dan ingin keluar menikmati udara segar. Berjalan-jalan di sekitar rumah tidaklah terlalu buruk dan mungkin menjadi salah satu aktivitas bersama anak-anak main di alam. Kebetulan rumah kami dekat dengan kawasan sawah, untuk melawan kebosanan kami melakukan jalan pagi atau sore ke sawah sambil belajar tentang tanaman. Jangan lupa sekembalinya ke rumah kita harus cuci tangan terlebih dahulu.  

Semoga bermanfaat

Comment here