Fikih MuslimahHikmahPilihan Redaksi

Amalan Wirid Sehari-hari

Bagi sahabat muslimah yang mencari amalan-amalan terbaik untuk dibaca sehari-hari bisa menyimak rangkuman berikut. Rangkuman ini disarikan dari majlis istighotsah dan halaqoh bersama Syeikh Yusri, ulama Al-Azhar Mesir.

  1. Membaca istighfar, sholawat kepada Rasulullah. Takhalli dengan cara istighfar dari segala akhlak tercela, dan tahalli dengan akhlak nabi melalui bacaan shalawat sehingga mencapai pada “La ilaha illa Allah”.
  2. Wirid asas: Astaghfirullah 100x, Shalawat 100x (اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ورسولك النبي الامي وعلى اله وسلم), La ilaha illa Allah 100x (لااله الا الله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيئ قدير)
  3. Redaksi shalawat tidak memakai lafadz (وصحبه) agar maknanya lebih luas (حتى يشمل الامة جميعا). Termasuk Keluarga Baginda Nabi Muhammad adalah para kerabat, sahabat dan orang-orang yang berpegang pada syariat. Selain itu juga mirip redaksi shalawat yang dibaca Rasulullah : (اللهم صل على محمد وعلى ال محمد)
  4. Setelah bacaan wirid asas, jika masih memiliki waktu bisa membaca Hizb Bahr Imam Syadzili sehari 1x, jika masih memungkinkan membaca Hizb Nawawi (utamanya di waktu banyak fitnah), jika memungkinkan membaca Shawalat Yusriyah dan Shalawat Asmul Husna yang dibagi selama 7 hari, jika memungkinkan membaca Dalailul Khairat. Bagi yang Ahlul Quran bisa mewiridkan Qurannya sehari 3 juz, atau 1 juz, atau menghafal beberapa surat, dst
  5. Setelah bacaan wirid jangan lupa membaca Fatihah untuk Rasulullah, Fatihah juga untuk silsilah Thariqah ini, juga Fatihah untuk guru kami. (من لم يشكر الناس لم يشكر الله)

***

Comment here